Pentingnya Perawatan Gearbox Motor – Penjualan gearbox motor semakin bertambah ekuvalen terhadap banyaknya perusahan industri yang terus berkembang. Keperluan akan mobilitas atau permesinan cukup tinggi sebagai penunjang berbagai kegiatan perindustrian. Gearbox motor memiliki fungsi  yang penting untuk performa dan kinerja dari sebagian tim yang menghandel pabrik.

Pentingnya Perawatan Gearbox Motor

Jika Anda tidak ingin mendapati motor rusak ataupun tidak berfungsi, maka Anda harus melakukan perawatan secara rutin agar kita tidak perlu berganti-ganti gearbox karena mudah rusak. Perawatan yang tepat pun harus diperhatikan dengan baik agar kita tidak perlu menggantinya dengan jenis lain, seperti harga cycloid gear yang juga tidak murah.

Untuk menjaga kondisi gearbox agar dapat berfungsi optimal, khususnya untuk penggunaan pada industri atau pabrik, maka pentingnya perawatan gearbox motor perlu dipertimbangkan.  Cara perawatan yang tepat dan intens agar gearbox juga lebih awet. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Menjaga kebersihan Gearbox Motor

Agar mesin gearbox motor Anda lebih awet dan tahan lama, sebaiknya rajin untuk membersikan body luar dan dalam mesih motor agar tidak cepat muncul karat dan juga keropos. Usahakan gearbox motor tetap kering selama penggunaan dan hindari debu-debu yang menempel pada bagian tertentu.

  1. Bersihkan komponen CVT

Komponen gearbox erat kaitannya dengan komponen CVT pada mesin motor matic sehingga harus dilakukan perawatan gearbox dengan baik agar motor dapat berfungsi secara optimal. Caranya yaitu dengan memastikan ruang CVT dalam keadaan bersih dari debu maupun kotoran lainnya. Dengan membersihkan ruang CVT maka mesin motor matic bisa lebih awet. Untuk itu, Anda harus mencari distributor yang jual helical gear dan jenis lainnya dengan kualitas prima.

  1. Gunakan Pelumas dengan Jenis Dan Jumlah yang Tepat

Seperti yang diketahui jika oli transmisi yang digunakan pada gearbox berbeda dengan oli yang digunakan pada mesin. Pada saat proses penggantiannya, pastikan jika oli yang digunakan adalah oli khusus transmisi, bukannya oli mesin. Apabila jenis oli sudah tepat, maka Anda juga harus memperhatikan jumlah oli yang dimasukkan agar semua bagian dalam komponen gearbox terlindungi dari keausan dan gesekan kasar yang bisa menyebabkan masalah teknis gearbox.

  1. Ganti Oli Transmisi yang Teratur

Gearbox memiliki peran penting dalam menambah atau mengurangi kecepatan tanpa mengoper gigi manual. Jadi, apabila terjadi kerusakan pada gearbox maka motor tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, bahkan berbagai komponen dalam gearbox bisa rontok dan rusak. Pengngantian oli transmisi menjadi solusi yang baik untuk menjaga gearbox motor tetap berfungsi optimal. Dengan begitu, cara perawatan dengan menggati oli transmisi secara berkala untuk menghidari gesekan pada gearbox karena oli yang didapati tidak penuh. Penggantian oli seharusnya dilakukan secara rutin apabila oli transmisi pada gearbox sudah menunjukkan kondisi tidak baik.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat gearbox motor anda agar lebih awet. Sebenanya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk dalam perawatan dan diatas adalah cara yang paling sederhana dan umumnya orang yang biasa lakukan dalam merawat gearbox motor yang mereka miliki.

WhatsApp chat