Cara membersihkan gearbox motor – Gearbox motor yang kotor tentu saja akan menyebabkan suara bisisng hingga getaran yang kurang mengenakan saat menggunakannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti debu, kerak oli dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, ketika gearbox motor anda sudah kotor tentu saja dapat mengakibatkan turunnya daya power, dan yang lebih parahnya dapat mengakibatkan kerusakan pada gearbox motor anda. Nah, kita ada kabar baiknya nih untuk anda semua mengenai cara membersihkan gearbox motor yang kotor, yuk kita simak saja penjelasannya.

Cara membersihkan gearbox motor

Siapkan bahan dan alat

Hal pertama yang dapat anda lakukan ialah menyiapkan beberapa bahan dan alat untuk membersihkannya. Bahan dan alat yang digunakan pun terbilang gampang ditemukan.

  • Kuas, berfungsi untuk mengusap bahan pembersih ke gearbox.
  • Wadah (mangkuk/gelas plastik) untuk menuangkan pembersih.
  • Bensin (pertamax/pertalite) digunakan sebagai perontok kerak dan karat pada gearbox
  • Pembersih piring, digunakan untuk membersihkan semua kotoran pada gearbox
  • Sikat gigi, diperlukan untuk membersihkan sela-sela tersembunyi pada gearbox.

Oleskan besin ke permukaan gearbox

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat diatas, langkah selanjutnya ialah memberiskan alas pada gearbox motor anda. Anda dapat membesikan alas seperti kain tidak terpakai, kardus, atau benda lainnya disekitar anda.

Lalu tuangkan bensin kedalam wadah yang sudah disiapkan, mulailah oles secara perlahan kepada permukaan gearbox hingga merata. Kemudian diamkan selama 2 – 3 menit untuk merontokan debu – debu hingga kerak pada gearbox.

Bensin dikenal mampu merontokan debu dan kerak yang mengeras pada permukaan gearbox, perlu diperhatikan juga ya sobat oleskan bensin secara merata dan mulailah menggosok dengan lebih cepat. Proses ini hanya berguna untuk melunakan kerak – kerak pada gearbox ya masih ada langkah selanjutnya.

Siapkan larutan air dan pembersih piring

Setelah semua permukaan rantai diolesi bensin, anda siapkan larutan air dengan pembersih piring seperti sunlight dan mama lemon. Mengapa pembersih piring ?

Karena bahan pembersih tersebut dikenal lebih ampuh mengangkat minyak, jadi kalau digunakan pada gearbox bisa membilas tuntas oli dan sisa bensin pada permukaan rantai. Siapkan larutan ini pada wadah dengan volume yang agak banyak.

Oleskan larutan untuk merontokan sisa kotoran

Selanjutnya oleskan larutan air sabun tadi ke seluruh permukaan gearbox hingga semua kotoran luntur bersama sabun. Langkah ini mungkin perlu waktu yang sedikit lama karena anda perlu membolak balikan proses ini hingga rantai benar-benar bersih (tidak ada kerak atau kotoran pada permukaan gearbox).

Gunakan sikat gigi/kuas mini untuk membersihkan sela gearbox

Yang paling sulit, itu ada pada sela-sela sempit pada gearbox. Biasanya bagian dalam yang sulit diakses menggunakan kuas. Solusinya anda bisa gunakan sikat gigi atau kuas mini. Intinya pastikan semua kotoran pada permukaan gearbox luntur, kalau masih ada kerak yang membandel gosok lagi menggunakan bensin.

Tunggu hingga kering merata

Setelah semua langkah diatas sudah selesai, diamkan gearbox pada halaman tebuka agar dapat kering merata. Anda dapat menjemurnya selama 2 – 3 jam, tada gearbox anda dapat terlihat seperti baru lagi.

Sekian artikel dari kami, semoga dapa menambah pengetahuan anda mengenai gearbox.

WhatsApp chat