Komponen dan Fungsi Gearbox Pada Motor – Gearbox merupakan suatu alat khusus yang di perlukan untuk menyesuaikan daya atau torsi dari motor yang berputar. Selain itu gearbox juga adalah alat pengubah daya dari motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.

Dalam sebuah mesin memiliki sistem pemindahan tenaga (Gearbox) yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke salah satu bagian mesin yang lainnya, sehingga mesin tersebut dapat bergerak menghasilkan sebuah pergerakan baik putaran maupun gesekan.

Komponen dan Fungsi Gearbox Pada Motor

Gearbox atau transimi adalah salah satu komponen utama motor yang disebut dengan pemindah tenaga. Transmisi berfungsi untuk memindahkan dan mengubah tenaga motor yang berputar. Ada beberapa fungsi dari gearbox  pada motor yaitu:

1. Merubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindel mesin.

2. Menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin.

3. Menghasilkan putaran mesin tanpa selip.

Selain fungsi dari gearbox, ada beberapa komponen gearbox yang perlu anda ketahui, yaitu sebagai berikut :

1. Input shaft cover, berfungsi sebagai penerus putaran dari motor penggerak.

2. Oil seal, berfungsi sebagai penahan oil supaya tidak bocor dari poros.

3. Oil hole cover, berfungsi sebagai saluran pemasukan oil.

4. Worm shaft, berfungsi sebagai penerus putaran dari worm wheel ke outputshaft.

5. Worm wheel, berfungsi penerus putaran dari input shaft ke output shaft.

6. Out cover, berfungsi sebagai penutup lubang ouput shaft.

7. Frame, berfungsi sebagai rumah bagi gearbox.

8. Paking, berfungsi sebagai penahan oli supaya tidak bocor.

Tidak bisa dipungkiri bahwa jika semua komponen di dalam mesin motor memiliki fungsi vital, rusak satu saja meski dari komponen berukuran kecil bisa mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Komponen transmisi pun demikian, maka sangat diharapkan memilih yang terbaik agar fungsi nya berjalan dengan lancar dan terpenuhi.

Agar gearbox pada motor anda awet, ada baiknya jika merawat gearbox dengan baik dan perawatan yang diberikan cukup. Perawatan yang cukup penting adalah rutin mengganti oli dan jangan asal dalam memilih oli. Carilah oli dengan kualitas baik agar daya pelumas nya maksimal. Dan jangan lupa untuk membersihkan CVT untuk memastikan mesin dan transmisi manual ini tetap awet.

Demikian artikel ini kami buat, semoga dengan artikel ini bisa memberikan informasi yang bisa membantu kalian ya sobat. Terus kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik seputar gearbox motor.

 

WhatsApp chat