Kenali Komponen pada Gearbox – Dalam beberapa unit mesin memiliki sistem pemindah tenaga yaitu gearbox berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke salah satu bagian mesin lainnya, sehingga unit tersebut dapat bergerak menghasilkan sebuah pergerakan baik putaran maupun pergeseran. Gearbox merupakan suatu alat khusus yang diperlukan untuk menyesuaikan daya atau torsi (momen/daya) dari motor yang berputar, dan gearbox juga adalah alat pengubah daya dari motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.

Kenali Komponen pada Gearbox

Fungsi Gearbox atau transmisi itu sendiri adalah salah satu komponen utama motor yang disebut sebagai sistem pemindah tenaga, gearbox – transmisi – reducer berfungsi untuk memindahkan dan mengubah tenaga dari motor yang berputar, yang digunakan untuk memutar spindel mesin maupun melakukan gerakan feeding. Gearbox – Transmisi – Reducer juga berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi serta berbalik putaran, sehingga dapat bergerak maju dan mundur.

Transmisi manual atau lebih dikenal dengan sebutan gearbox atau reducer mempunyai beberapa fungsi antara lain: Gearbox Merubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindel mesin, Gearbox Menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin dan Gearbox Menghasilkan putaran mesin tanpa selip.

Lalu apa saja komponen yang terdapat pada gearbox, kami akan memberi informasi sedikit untuk Anda semua mengenai komponen – komponen yang terdapat pada gearbox diantaranya.

  1. Input shaft cover gearbox, Berfungsi sebagai penerus putaran dari motor penggerak.
  2. Oil seal gearbox, Berfungsi sebagai penahan oli supaya tidak bocor dari poros.
  3. Oil hole cover gearbox, Berfungsi sebagai saluran pemasukan oli.
  4. Worm shaft gearbox, Berfungsi sebagai penerus putaran dari worm wheel ke output shaft.
  5. Worm wheel gearbox, Berfungsi sebagai penerus putaran dari input shaft output shaft.
  6. Out cover gearbox, Berfungsi sebagai penutup lubang output shaft.
  7. Frame gearbox, Berfungsi sebagai rumah dari gear box.
  8. Paking gearbox, Berfungsi sebagai penahan oli supaya tidak bocor.

Dari keterangan di atas komponen Gear Box memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling melengkapi satu sama lain jika ada masalah dari salah satu komponen di atas maka akan berpengaruh dengan kinerja mesin itu sendiri bahkan dapat menghambat aktifitas dan yang lebih parah nya lagi Gear Box akan mengalami kerusakan jika terjadi kendala yang tidak langsung di tangani. Maka dari itu kami memberikan tips berupa langkah pemeriksaan dan pemeliharaan dari gearbox diantaranya:

  1. Lakukan pengukuran pada diameter out shaft dan input shaft gearbox dari keausan.
  2. Lakukan pemeriksaan pada worm shaft gearbox, apakah ada keausan.
  3. Pemeriksaan terhadap worm wheel gearbox, apakah ada kerusakan periksa oil seal gearbox, bocor apa tidak Periksa bantalan dari setiap shaft gearbox, apakah sudah aus apa tidak.
  4. Periksa apakah paking gearbox, masih baik apa tidak?

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk Anda, apabila masih ada yang kurang dimengerti Anda dapat menanyakannya pada kami. Dapatkan berbagai macam promo menarik mengenai gearbox motor hanya pada kami Dutamakmur Gearindo.