Fungsi Oli untuk Mesin – Oli mesin merupakan salah satu cairan fluida dimana sangat erat kaitannya dengan mesin yang ada saat ini. Penggunaan oli tidak sebatas pada kendaraan bermotor saja, tetapi juga untuk mesin gearbox yang mungkin masih cukup asing ditelinga masyarakat. Dengan penggunaan cairan oli ini, akan dapat menambah masa penggunaan mesin motor atau mobil yang anda miliki.

Fungsi Oli untuk Mesin

Namun bagi sebagian orang masih belum mengetahui apa sajakah fungsi dari oli mesin yang setiap beberapa kilometer jarak tempuh harus kita ganti ini. Yang mereka tahu hanyalah sebagai pelumas saja padahal ada fungsi fungsi lain selain sebagai pelumas mesin. Dibawah ini merupakan beberapa fungsi oli untuk mesin yang belum diketahui banyak orang.

  1. Fungsi Oli Sebagai Lubricating Atau Pelumas

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas dimana menjaga gesekan antar komponen didalam mesin. Dengan penggunaan oli yang cukup, mesin menjadi lebih kecil sehingga kinerja didalam mesin itu sendiri menjadi lancar. Hal ini juga akan mengurangi bunyi bunyian metal sehingga kerusakan part pada mesin ini dapat diminimalisir.

  1. Fungsi Oli Sebagai Penyekat

Didalam sebuah mesin yang bekerja tentu ada bagian bagian metal yang saling bersinggungan bukan?. Nah dengan adanya oli ini dapat menjadi penyekat diantara dua logam tersebut. Dengan begitu akan dapat meminimalkan gesekan antar keduanya sehingga komponen tersebut tidak cepat aus atau terkikis .

  1. Fungsi Oli Sebagai Pembersih Ruang Mesin

Pada saat mesin bekerja dan berputar tadi tentu akan menghasilkan gram-gram besi. Hal ini yang  nantinya akan di reduksi oleh oli mesin dan diendapkan kedalam bak penampung oli.  Kemudian didalam bak penampung oli tersebut terdapat sebuah magnet.  Adapun fungsi dari magnet ini adalah untuk menahan gram besi agar tidak naik kembali ketika oli dipompa naik.

  1. Fungsi Oli Sebagai Pendingin Mesin

Mesin yang berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi tersebut tentu menghasilkan panas yang luar biasa.  Hal ini diakibatkan oleh besarnya gaya gesek antar besi didalam mesin tersebut. Tidak jarang kendaraan motor atau mobil akan mati dengan tiba-tiba. Nah dengan penggunaan oli atau pelumas ini,  mesin panas pun dapat dinetralisir sehingga tidak terjadi overheating pada mesin kendaraan.

  1. Fungsi Oli Sebagai Anti Karat

Tahukah anda ketika proses terjadinya gesekan pada part part didalam mesin menimbulkan panas. Dari panas dan dari reaksi kimia ini maka terjadilah yang namanya karat. Sebagai contoh kecil coba anda bakar besi pisau baja lalu dibiarkan, maka dalam beberapa menit pisau tersebut akan berkarat. Nah dengan adanya oli mesin ini karat yang timbul akibat proses pergesekan antar besi ini dapat dihindari.

Nah itulah tadi beberapa fungsi dari oli mesin yang banyak sekali orang belum mengerti. Semoga artikel pendek ini dapat memberikan pemahaman mengenai oli mesin dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman anda, kerabat, keluarga dan orang-orang yang membutuhkannya.

WhatsApp chat